JAKARTA, katakata.co.id – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menekankan pentingnya jajaran kepolisian memberikan pelayanan prima serta menunjukkan perilaku yang baik kepada masyarakat dalam rangka membangun kepercayaan publik.
“Perilaku polisi sebagai petugas dari pangkat terendah sampai tertinggi, serta mampu menunjukkan hasil kinerjanya disertai ketulusan pelayanan, berdampak terhadap kepercayaan publik,” kata Wakapolri dalam Dialog Kebangsaan di Gedung Utaryo Sespim Lemdiklat Polri, Rabu (24/5/2023).
Wakapolri pun menyampaikan adanya harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas.
“Yakni, sistem pelayanan publik yang prima dalam memenuhi harapan masyarakat berbasis teknologi, yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral, hukum, administrasi, fungsional maupun sosial. Itu semua penting dalam rangka mendapatkan kepercayaan publik,” katanya.
Hal itu ditekankan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dihadapan peserta didik (serdik) sespimti, sespimmen, dan sespima yang terlihat antusias mendengarkan arahan.
Melalui lembaga pendidikan Polri saat ini, terkait dengan kepercayaan publik, Gatot menegaskan pentingnya pembangunan karakter peserta didik.
“Kepercayaan publik dibangun berbasis pada karakter yang salah satunya melalui lembaga pendidikan yang berbasis moralitas, pengendalian diri, menanamkan keutamaan, sehingga mampu menjadi ikon bagi kebangsaan, kemanusiaan, serta kebhayangkaraan,” tegasnya.
Turut mendampingi Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono pada Dialog Kebangsaan itu, yakni As SDM, Irjen Pol Dedy Prasetyo, Kadiv Humas, Irjen Pol Sandy, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dwi Agus, dan Ka Sespim Irjen Pol Chrisnanda Dwilaksana.
Sementara itu, salah satu Serdik Sespimmen Dikreg 63, Ahmad Budi Martono yang menjadi peserta dialog menegaskan siap melaksanakan instruksi pimpinan yang disampaikan.
“Kepercayaan publik merupakan trust issue yang harus dibalut dengan hal positif. Apalagi di tengah era keterbukaan serta masifnya aktivitas di media sosial seperti sekarang ini. Sehingga kami sadar, kepolisian dituntut untuk menyikapi hal itu dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tegas Ahmad Budi Martono diamini 2 serdik lainnya, Devi Sujana dan Susilo. (red)